Bahasa adalah keterampilan, latihlah terus!

Senin, 07 Mei 2012

VOKASIONAL DAN NON VOKASIONAL

Kira-kira 7 bulan yang lalu, datang ke tempat kursusan saya staff dari Diknas yang hendak melakukan penilaian kerja. Beliau membawa setumpuk dokumen yang harus saya isi. Sebelum mengisi dan melengkapi borang/daftar isian, saya melihat ada dua jenis isian: Vokasional dan Non Vokasional.
Saya bertanya, mana yang harus saya isi? Beliau menjawab, yang Non Vokasional.
Terus terang, saya belum mengerti artinya.
Setelah saya 'googling' dan mencari ke sana ke mari, pengertian tersebut termasuk agak susah untuk ditemukan.
Intinya, Vokasional itu adalah kata serapan dari bahasa Inggeris, yaitu Vocational yang mempunyai arti kejuruan. Dan kalau dibalik, Non Vokasional berarti bukan kejuruan.
Vokasional adalah sistem satuan pendidikan yang mengutamakan siswanya untuk mempunyai kecakapan hidup yang nantinya diarahkan menjadi wirausahawan. Mungkin hal ini termasuk SMK atau Lembaga kursus yang menyelenggarakan kursus seperti menjahit, montir, service komputer.
Penggolongan tersebut bisa jadi berlaku secara umum, dan tidak mempertimbangkan apakah lembaga tersebut termasuk PF (Pendidikan Formal) atau PNF (Pendidikan Non Formal).
Artinya, klasifikasi tersebut berdasarkan jenis pendidikan, bukan berdasarkan lembaga pendidikan.
Jenis pendidikan Vokasional pun terbagi menjadi dua, Vokasional dasar dan Vokasional khusus.
Mungkin lain kali saya ingin menceritakan lebih lanjut mengenai pendidikan Vokasional.
Sementara itu Non Vokasional adalah jenis pendidikan yang bukan kejuruan, artinya jenis pendidikan yang termasuk umum.
Timbul pertanyaan dalam hati, apakah kursus bahasa Inggeris memang termasuk Non Vokasional?
Apakah di Indonesia bahasa Inggeris termasuk ke dalam ilmu murni seperti matematika atau biologi?
Karena menurut saya, mempelajari bahasa, termasuk Bahasa Inggeris adalah mempelajari salah satu bidang ilmu terapan.
Karena kalau dari awal kita sudah melakukan pendekatan yang kurang tepat, maka kemungkinan hasilnya pun tidak akan sesuai sebagaimana yang diharapkan.
Mungkin itu pendapat pribadi saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar