Bahasa adalah keterampilan, latihlah terus!

Selasa, 24 April 2012

SISTEM BELAJAR

Mungkin kalau digolongkan secara sederhana, sistem pembelajaran itu dapat dibagi menjadi 2 bagian.
Sistem pembelajaran memakai alat, ada pula sistem belajar tanpa alat.
Maksud dengan dan tanpa alat di sini adalah: Dalam belajar, siswa dibantu alat modern dalam pembelajarannya, sementara kalau tanpa alat adalah, siswa hanya mendapat pengajaran dari guru saja.
Di jaman sekarang ini, mungkin sebagian guru menyadari, bahwa perbedaan siswa dan guru dalam pengetahuan akan pelajarannya, hanya 'satu malam', di mana para guru sudah membaca pelajaran yang akan diberikan pada malamnya, sementara para siswa baru esok harinya yaitu ketika belajar.
Sekarang ini di jaman yang serba canggih, kalau guru hanya mengandalkan sistem belajar lama yang bersifat satu arah, maka tanggapan dari murid akan sangat rendah sekali animo dan ketertarikannya. Siswa akan merasa cepat bosan. Karena di luar sana, tekhnologi telah memanjakan mereka dengan fasilitas-fasilitas di mana dia bisa merasa telah memegang 'kontrol' akan situasi. Bukan hanya pasif dan menerima saja.
Internet dan gadget canggih telah membuat mereka mempunyai banyak pilihan untuk menyalurkan hobi dan kesenangannya, sehingga apabila mereka dihadapkan pada suatu hal yang menurut mereka kurang menarik walaupun sebenarnya itu penting buat mereka, mereka akan kehilangan minat.
Tinggal sekarang adalah kita sebagai tenaga pendidik, harus pintar-pintar memanfaatkan tekhnologi yang ada untuk mendukung misi kita dalam menyampaikan ilmu kepada mereka, sehingga tujuan utama belajar-mengajar dapat tercapai....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar